Gaya, Jakarta -Hujan mengguyur lagi. Jalan becek bahkan banjir bisa terjadi di mana-mana. Waspadai penyakit mengancam kaki Anda. Pasalnya, genangan air kotor dan lumpur bisa saja menyusup pada celah-celah kuku kaki. Hasilnya, kuku jadi berwarna hitam atau cokelat. Belum lagi baunya yang kurang sedap. Daripada bikin malu dan minder setiap kali membuka sepatu, coba terapkan tip berikut.

1. Pilih sepatu tertutup
Agar kuku kaki terlindungi, lupakan sepatu yang terbuka, terutama di bagian jari. Sepatu dengan motif bolong-bolong juga sebaiknya dihindari karena cipratan air bisa masuk ke dalam kuku. Hindari sepatu yang terbuat dari kain supaya air tidak meresap ke dalam kaki. Jangan lupa pakai sepatu dengan sol yang tinggi, jadi aman ketika menginjak genangan air.

Baca juga: 5 Jurus Penting Agar Aman Berkendara Saat Hujan
2. Pakai kaus kaki
Biar kebersihan kaki lebih terjamin, gunakan kaus kaki. Pakai kaus kaki yang tipis dan pendek jika memakai sepatu datar atau sepatu berhak tinggi.
3. Rutin bilas kaki
Setelah menginjak genangan air, segera bilas atau cuci kaki hingga bersih supaya kotoran tidak sempat menyusup ke celah-celah kuku. Tunggu sampai benar-benar kering baru memakai sepatu lagi agar kaki tidak lembap dan justru menimbulkan bau kurang sedap.

4. Sikat kuku
Pada musim hujan, sebaiknya bersihkan kuku lebih sering. Meski lelah bekerja seharian, jangan malas meluangkan waktu untuk menyikat kuku ketika mandi di malam hari.

5. Gunting kuku
Agar lebih mudah membersihkan kotoran yang menyelip di kuku, rapikan kuku secara rutin, minimal seminggu sekali. Gunting dan kikir kuku supaya tidak membentuk sudut-sudut yang tidak beraturan dan bikin susah untuk membersihkan kotoran yang menyelip.

TABLOIDBINTANG

Baca juga:
Apa Asyiknya Mendaki Gunung? Ini Jawaban Adhyaksa DaultStres Bikin Menua 2,5 Tahun! Simak Faktor Penyebab Lain