Dunia, Jakarta -Kapolri Tito Karnavian mengatakan Siti Aisyah, terduga pelaku pembunuhan Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un,  ikut serta dalam acara reality show oleh satu televisi. Ia diminta menyemprotkan cairan ke orang-orang yang melintas di sekitar bandara udara internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

"Ia tidak menyadari hal itu sebagai upaya pembunuhan yang diduga oleh agen asing," kata Tito kepada wartawan di Aceh, seperti dilansir dari CNN, 19 Februari 2017.

Siti Aisyah menyatakan sebelumnya dia menyemprotkan cairan itu ke beberapa orang dengan tujuan sama membuat lelucon dalam reality show TV tersebut. "Tiga sampai empat kali," kata Tito mengutip ucapan Siti Aisyah.

Menurut Tito, diduga ada zat tertentu yang sangat berbahaya di alat penyemprot.

Setelah itu, Siti Aisyah menerima sejumlah uang dollar untuk pekerjaan itu. Media asing mengatakan Siti Aisyah menerima US$ 100. "Dia dimanfaatkan namun dia tidak tahu untuk apa," kata Tito

Polisi Malaysia belum menjelaskan siapa yang menyediakan alat penyemprot kepada para terduga. Hingga Minggu, 20 Februari 2017, sudah empat orang yang ditahan terkait pembunuhan Kim Jong-nam, yakni satu wanita berpaspor Vietnam, Siti Aisyah, pria warga Malaysia yang merupakan pacar Siti Aisyah, dan seorang pria Korea Utara.

Kim Jong-nam tewas di bandara internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KLIA2) pada hari Senin, 13 Februari 2017 pagi. Ia diduga tewas setelah wajahnya disemprot oleh seorang wanita dan seorang wanita lainnya membekap wajahnya dari arah belakang.

CNN | MARIA RITA