Metro, Jakarta - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi Asep Haryanto mengatakan, penyebab banjir di Jalan KH. Noer Alie atau Kalimalang tepatnya di bawah jalan tol JORR akibat lokasi itu cekungan. "Tidak ada saluran buangan," kata Asep, Ahad, 19 Februari 2017.

Ia mengatakan, saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah memompa genangan air sepaha orang dewasa, walhasil genangan di sana berangsur surut. "Sudah bisa dilintasi kendaraan," kata Asep.

Ia mengatakan, semestinya di lokasi itu dipasang pompa air untuk mengantisipasi genangan tinggi ketika curah hujan naik seperti yang terjadi hari ini.

Menurut dia, pemasangan pompa tersebut seperti yang terdapat di Underpass Jalan Baru, Bekasi Timur. Meski intensitas hujan naik, di lokasi tersebut tak pernah ada genangan, kecuali pompa tidak berfungsi dengan maksimal. "Kami sudah merekomendasikan pemasangan pompa di Kalimalang," kata Asep.

Genangan sepaha orang dewasa terjadi di bawah kolong jalan tol Jalan KH. Noer Alie, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Akibatnya, ruas jalan yang menghubungkan Bekasi dengan Jakarta tersebut lumpuh.

Kemacetan di ruas jalan itu pun tak terhindarkan. Ekor kemacetan dari Bekasi mengular hingga simpang Galaxi, sedangkan yang ke Jakarta mengular hingga ke Lampiri, Jakarta Timur.

Sejumlah pengguna jalan memilih menggunakan jalur alternatif seperti ke Jalan Ratna atau Bintara untuk menghindari banjir di jalan tersebut.

ADI WARSONO