Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi ~ Cozytv

Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

10 Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi - Kalori adalah salah satu zat yang dibutuhkan bagi tubuh manusia dalam melakukan aktifitas sehari - hari. Kalori di ibaratkan dengan mobil adalah bahan bakarnya yang membuat mobil memiliki tenaga untuk berjalan. Pada dasarnya manusia rata- rata membutuhkan kurang lebih 2000 kalori dalam sehari untuk melakukan berbagai aktifitas. Tapi jumlah ini tergantung dari kondisi tubuh dan aktifitas kita.

Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

Tidak semua makanan mengandung jumlah kalori yang seimbang karena jika berlebihan akan berbahaya. Untuk itu harus kita ketahui jenis - jenis makanan yang mengandung kalori tinggi agar bisa mengatur asupan kalori dalam sehari -hari. Berikut ini ada beberapa makanan yang mengandung kalori yang tinggi diantaranya :

Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

Makanan Alami 

Memiliki kadar nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh akan tetapi buah adalah salah satu penyumbang asupan kalori yang tinggi. Tercatat dari banyaknya jenis buah yang sangat perlu diperhatikan adalah buah yang memiliki kalori tinggi seperti :
  • Pisang 
Memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti potasium, fosfor, kalsium, dan zat besi serta vitamin. Ternyata 1 buah pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu 89 Kkal / 100 grm.
  • Kurma
Buah asal dari timur tengah ini memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Selain rasanya yang manis ternyata buah kurma banyak mengandung gula dan ini adalah salah satu penyebab dari tingginya kalori. Cukup konsumsi 3 buah kurma untuk memenuhi kalori dalam tubuh anda karena kandungan kalori dalam kurama yaitu 282 Kkal / 100 gram jadi jangan berlebihan konsumsi buah kurma.
  • Alpukat
Alpukat merupakan buah yang mengandung banyak kalsium yang tinggi, akan tetapi juga mempunyai nilai kandungan kalori yang sangat tinggi pula. Jadi harus di batasi saat konsumsi. Kandungan kalori yang terdapat dalam buah alpukat adalah 160 Kkal / 100 gram.
  • Anggur
Buah anggur memiliki kandungan gula yang tinggi dan memiliki kadar kalori 69 Kkal / 100 gram
  • Kelapa
Buah yang satu ini sangat menyegarkan anda pasti suka dengan buah kelapa ini. Tapi kelapa merupakan buah yang memiliki kalori yang sangat tinggi yaitu 354 Kkal / 100 gram.

Produk Olahan

Adalah makanan yang merupakan olahan pabrik atau home produksi,yang memiliki kadar kalori yang tinggi. Sehingga disarankan tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan olahan ini. Contoh produk olahan yaitu : 
  • Minyak Lemak Hewani
Minyak, merupakan penyumbang terbesar tingginya kalori dari makanan olahan yang biasa kita konsumsi. Hampir semua makanan membutuhkan minyak yang berasal dari lemak hewani untuk keperluan memasak, baik dalam jumlah sedikit, maupun banyak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 100 gram minyak ini mengandung 902 kalori.
  • Minyak sayur
Minyak sayur merupakan minyak yang diperoleh dari lemak nabati. Sesehat apapun itu, tetap saja itu adalah minyak. Minyak memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan minyak sayur ini memiliki kalori sebanyak 884 kalori per 100 gram nya.
  • Keripik kentang
Anda sering mengkonsums keripik kentang? Pernahkah anda melihat tabel asupan gizi pada bagian belakng kemasan? Kerpik kentang mampu menghasilkan lebih dari 160 kalori hanya untuk beberapa keping saja. Hal ini disebabkan karena prosesnya yang digoreng, membuat lemak pada makanan enak ini meningkat drastis.
  • Kentang goreng
Tidak berbeda jauh dengan keripik kentang, kentang goreng juga menjadi makanan dengan tingkat kalori yang tinggi. Walaupun tidak setinggi nasi putih biasa, namun proses penggorengan dari kentang ini menambah kadar lemak dan pada akhirnya menambah kadar kalori yang ada pada makanan ini.
  • Es krim
Produk ini sudah jelas memiliki lemak yang tinggi. Selain karena terbuat dari susu, es krim juga memiliki tambahan bahan lainnya, seperti gula. Penambahan bahan-bahan ini membuat 2 scoop es krim sedang memiliki kadar kalori yang sangat tinggi bagi anda.

Kalori bisa diperoleh dari berbagai macam jenis makanan yang dikonsumsi. Namun demikian, kelebihan kalori dapat menyebabkan dampak negative bagi tubuh kita. Kalori yang tidak terbakar oleh aktivitas akan mengendap dan tertimbun di dalam tubuh, dan menjadi tumpukan lemak yang akan sangat berbahaya apabila sudah terlalu banyak.
Previous
Next Post »