Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil ~ Cozytv

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu HamilKebanyakan ibu hamil bingun akan posisi tidur mereka dengan posisi seperti apa? Dengan posisi yang ibu gunakan apakah aman bagi janinya? Hal ini merupaka kekhawatiran bagi ibu hamil dengan posisi tidurnya. Pada kehamilan mudanya seorang ibu hamil dapat tidur dengan berbagai posisi apapun, yang penting bisa memberikan rasa nyaman. Sebaiknya untuk ibu yang sedang hamil tidak perlu khawatir pada janinya dengan posisi tidur mereka.
image:gigisusu.net

Janin dalam kandungan tetap merasa nyaman dalam kandungan karena di dalam kandungan janin anda mengapung dalam cairan air ketuban dan janin mempunyai ruangan tersendiri untuk bergerak. Jadi Posisi tidur ibu untuk hamil bisa bebas tapi ada juga posisi tidur yang baik bagi ibu hamil.

Berikut ini ada beberapa posisi tidur yang baik bagi ibu hamil

Posisi tidur ibu hamil dengan telentang
Posisi ini sangan dianjurkan bagi ibu hamil. Namun setelah usia kehamilan telah memasuki usia 16 minggu, seorang ibu hamil disarankan untuk tidak tidur dengan posisi terlentang karena posisi tersebut akan meletakan seluruh berat rahim kebagian belakang, usus, dan vena besar. Tidur dengan posisi terlentang juga akan meningkatkan resiko terkena sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan. Jadi intinya terlentang adalah posisi tidur yang baik bagi ibu hamil yang usia kandungan di bawah 16 minggu.
Posisi tidur ibu hamil yang terbalik
Dalam posisi tidur ini belum ada penelitian lebih lanjut apakah posisi tidur terbalik ini baik untuk ibu hamil. Tetapi sangat dianjurkan  untuk usia kandunganya di atas 16 minggu, ibu hamil tidur dengan posisi miring ke samping memberikan keuntungan terhadap bayi agar mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke dalam plasenta. Hal ini di karenakan adanya vena besar dibagian belakang sebalah kanan spina yang akan mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah kepada jantung. Posisi tidur ini juga dapat menolong ginjal untuk membuang berbagai sisa produk cairan dari tubuh ibu hingga mengurangi pembekakan.
Posisi tidur ibu hamil dengan tengkurap
Tidur dengan posisi tengkurap sebenarnya aman bagi seoorang ibu hamil. Akan tetapi pada kehamilan trimester pertama akan menyebabkan pembesaran pada bagian payudara, sehingga bagian tersebut akan terasa sensitif. Sehingga banyak ibu hamil yang merasa tidak nyaman dengan posisi tidur tengkurap.
Itulah beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Bagi para ibu hamil masih merasa tidak nyaman dengan posisi tidur bisa dicoba beberapa contoh yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Namun lebih baiknya anda harus konsultasi dulu kedokter kandungan yang anda percaya.
Previous
Next Post »