Perbedaan Antara Otak Kiri dan Otak Kanan ~ Cozytv

Perbedaan Antara Otak Kiri dan Otak Kanan

http://www.updatenewsori.com/2015/12/perbedaan-antara-otak-kiri-dan-otak.html
Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Kita sering mendengar tentang penggambaran seseorang berdasarkan fungsi pada otaknya. Orang - orang dengan Otak kiri yang mempunyai kelebihan katanya pintar dalam hal matematika. Sementara untuk otak kanan lebih unggu dalam kreativitas.

Benarkah Perbedaan antara Otak Kanan dan Otak Kiri seperti itu ?

Dalam Pengetahuan kita tentang fungsi otak sepenuhnya berutang besar pada Roger Sperry pada tahun 1913 - 1994. Sperry merupakan ilmian neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas dua bagian. Menurutnya pada bagian masing - masing otak memiliki fungsi spesial tanpa bergantung satu dengan yang lainya.

Belahan pada otak bagian kanan berfungsi mengontrol otot - otot di bagian kiri tubuh atau sebaliknya, belahan otak bagian kiri mengontrol otot - otot pada bagian kanan tubuh. Bila kita mengedipkan mata kanan, berarti artinya otak kirilah yang bekerja. Oleh sebab itu, bila ada kerusakan pada satu sisi otak, akan mempengaruhi fungsi tubuh yang berlawanan.

Pada umumnya, otak kiri lebih dominan dalam bahasa yaitu meliputi proses pengolahan apa yang kita dengar dan mengatasi sebagian besar tugas berbicar. Otak kiri juga bertugas soal logika dan hitungan matematika. Jika kita mengungkapkan sebuah fakta, Otak kiri akan menarik dari memori kita.

Sementara itu, belahan yang ada pada otak kanan bertanggung jawab atas kemampuan yang spesial untuk meliputi pengenalan wajah dan pengolahan musik. Otak bagian kanan juga dapat melakukan beberapa fungsi matematika, akan tetapi hanya perkiraan kasar dan perbandingan saja. Bagian ini lah yang mampu membantu kita memahami citra visual dan apa yang kita lihat.

Secara sederhana seperti itulah Perbedaan Antara Otak Kiri dan Otak Kanan
Previous
Next Post »