Gaya, Jakarta -Sudahkah Anda berjalan 10 ribu langkah hari ini? Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Michael Triangto, mengatakan ketentuan untuk kesehatan tulang dalam mencegah osteoporosis adalah dengan 10 ribu langkah sehari.

"Untuk menjadi sehat diperlukan olahraga minimal 150 menit per minggu dengan intensitas sedang," kata Michael kepada Tempo, Sabtu, 18 Februari 2017.

Baca juga: Hujan Datang lagi, Waspadai Kesehatan KakiArtinya, Michael menjelaskan, sehari minimal 30 menit meluangkan waktu untuk berolahraga. Olahraga ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki. "Kalau Anda bekerja, minimal setengah jam jalan kaki," ujarnya.
Lalu, bagaimana Anda bisa berjalan kaki 10 ribu langkah, jika Anda bekerja? Michael menyarankan Anda ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum. Misalnya bus Transjakarta, kereta api, bus umum atau angkutan.

Sebab, dengan menaiki kendaraan umum, Anda dapat berjalan kaki ke terminal, stasiun, atau halte dan kembali berjalan menuju kantor Anda. "Kalau bawa kendaraan sendiri tak akan terpenuhi 10 ribu langkah sehari" kata Michael.

Michael menjelaskan seseorang yang pergi ke kantor dengan kendaraan pribadi, lebih banyak duduk di kendaraannya. "Tidak banyak pergerakan ototnya seperti jalan ke halte atau stasiun dan berdiri di dalam bus atau kereta," ujarnya.

AFRILIA SURYANIS

Baca juga:
Cari Jodoh? Klik Fitur Baru dari Facebook Ini5 Lagu Mujarab Ini Ampuh Melipur Lara Patah Hati