Pilkada, Jakarta - Calon Gubernur DKI nomor urut tiga, Anies Baswedan, mendatangi tempat pemungutan suara ulang di TPS 29 Kelurahan Kalibata. Anies mengatakan kedatangannya ke TPS tersebut karena dirinya akan berangkat memenuhi undangan pernikahan di dekat lokasi TPS.

"Kebetulan saya 'jagong manten' di belakang sini, jadi sekalian lewat. Sekalian mampir," kata Anies Baswedan saat ditemui di TPS 29 Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Ahad, 19 Februari 2017.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan datang sekitar pukul 10:40 WIB dengan menggunakan kemeja putih dan memakai peci hitam. Kedatangan Anies disambut meriah oleh warga RT 007, RW 05, Kelurahan Kalibata. Masyarakat bernyanyi yel-yel yang intinya menginginkan Anies terpilih menjadi Gubernur DKI.

Sejumlah warga juga berteriak kepada Anies agar meninjau lokasi di sekitar TPS, yang diperkirakan sedang banjir akibat hujan deras sejak pagi hari tadi. Sedangkan warga lainnya meminta kepada Anies agar nantinya jika terpilih Anies bisa menyelesaikan masalah banjir di Ibu Kota.
Ketika ditanyakan apakah merasa dirugikan akibat pemungutan suara ulang, Anies menjawab bahwa ia percaya dengan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta. Asalkan, kata dia, semua proses dijalankan dengan baik, benar dan sesuai dengan peraturan yang ada. "Kami percaya pada KPU, Insya Allah dijalankan dengan baik," ucap Anies.

Anies menuturkan di TPS 29 saat pemilihan 15 Februari lalu, dirinya dan pasangannya mendapatkan suara sebesar 76 persen dari total pemilih. Sehingga dia merasa aspirasi masyarakat di TPS itu tak akan dicederai. "Di sini ada Ketua KPU (Jakarta) hadir, saya percaya berjalan lancar."

Diketahui pemungutan suara ulang di TPS 29 Kelurahan Kalibata, dilakukan karena sebelumnya ada pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak dua kali. Hal itu dilarang oleh KPU Jakarta, sehingga diputuskan dilakukan pencoblosan ulang di TPS tersebut.

DIKO OKTARA