Pilkada, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menggelar pemungutan suara ulang di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Ahad, 19 Februari 2017. Hasilnya pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul dari dua pasangan lainnya.

Hasil ini berubah dari hasil perhitungan suara pada 15 Februari 2017. Pada pemilihan hari itu, suara terbanyak diperoleh oleh pasangan calon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Baca : Real Count DKI Rampung, KPU : Hasilnya Belum Resmi

"Bahwa hasilnya berbeda, bahwa partisipasinya lebih rendah dan sebagainya, itu pasti di luar kemampuan KPU," kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, saat ditemui di TPS 01 Utan Panjang, Ahad.

Dalam pemungutan suara ulang di Utan Panjang, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya berkurang drastis. Pada hari pencoblosan sebelumnya, dari 601 daftar pemilih tetap (DPT) yang ada, sebanyak 442 orang datang memilih. Namun pada hari ini, hanya 257 orang yang datang.

Sumarno mengatakan KPU telah berusaha memastikan para pemilih terdaftar untuk datang. Namun ia mengatakan cukup banyak halangan yang membuat tingkat partisipasi menurun. "KPU sudah mengundang seluruh nama-nama yang ada di dalam DPT dan juga nama-nama yang kemarin sebagai pemilih tambahan," kata dia.

Menurut Sumarno, faktor cuaca yang mendung dan pemilihan hari Minggu menjadi faktor berkurangnya angka partisipasi. Ditambah lagi, banyaknya undangan atau dokumen C6 yang tak sampai ke masyarakat.

Salah satu faktor penyebabnya, kata Sumarno, adalah waktu pemberitahuan dari Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang di Utan Panjang. KPU baru menerima pemberitahuan itu kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB. Hal itu membuat persiapan panitia pemungutan suara (PPS) menjadi sempit.

"Jadi malam hari mereka (PPS) harus menyiapkan undangan kemudian juga persiapan TPS segala macam. Waktumya memang sangat singkat," kata Sumarno.

Dalam pemungutan suara ulang di Utan Panjang, pasangan Anies-Sandi meraih suara tertinggi sebanyak 134 suara. Disusul pasangan Ahok-Djarot memperoleh 183 suara, dan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni meraih 15 suara.

EGI ADYATAMA