Cara Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TBC) ~ Cozytv

Cara Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Cara Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TBC)


http://www.updatenewsori.com/2015/10/cara-pencegahan-penyakit-tuberkulosis.html


Pemabahasan kali ini kita membahas salah satu penyakit yang mematikan yaitu Tuberkulosis atau sering dikenal penyakit TBC, danUntuk cara pencegahan penyakit tuberkulosis (TBC) ini, harus kita ketahui dulu apa penyebabnya dan bagaimana pencegahannya langsung saja kita ketopik utama berikut ini penjelasanya:

Penyakit tuberkulosis adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri basil. Untuk tubuh yang sudah terinfeksi bakteri ini penyembuhanya membutuhkan waktu yang lama mengobati penyakit ini. Bakteri basil ini ternyata cenderung menginfeksi pada paru-paru hingga 90% jauh lebih besar  jika dibandingkan dengan organ-organ lainnya pada tubuh manusia. Tanda - tanda penyakit ini yaitu batuk terus menerus. Jadi jangan dibiarkan penyakit ini terlalu lama di tubuh kita karena, akan berakibat kematian.
  • Pengertian Bakteri Basil
Bakteri Basil adalah kelompok bakteri dengan bentuk dasar batang. Bentuk basil dapat berupa monobasil, diplobasil, atau streptobasil. Monobasil adalah bakteri basil tunggal.
Contohnya : E.Coli, Lactobacillus, Salmonela thyphi. Diplobasil adalah bakteri basil yang bersusun berpasangan atau 2 sel bakteri basil yang berdempetan. Streptobasil adalah bakteri basil yang bersusun bergandengan memanjang sehingga tampak seperti rantai :

http://www.updatenewsori.com/2015/10/cara-pencegahan-penyakit-tuberkulosis.html

 
Penularan Tuberkulosis (TBC)


http://www.updatenewsori.com/2015/10/cara-pencegahan-penyakit-tuberkulosis.html


TBC adalah penyakit yang menyerang pernapasan. Maka penularannya lebih cepat melalui pernapasan. Berdekatan dengan penderita TBC dapat memungkinkan kita untuk tertular. Bukan hanya itu, ketika penderita TBC batuk pun, merupakan salah satu sarana penularan TBC. Selain itu, untuk penggunaan barang pribadi harus kita perhatikan kalau penggunaan barang secara bergantian dengan penderita TBC aktif, seperti gelas dan sendok pun dapat menjadi jembatan penularan TBC.
 
Cara Pencegahan Penyakit Tuberkulosis (TBC)

  • Mengurangi kotak dengan penderita TBC aktif. Jika akan kontak pun, gunakanlah masker untuk melindungi pernapasan kita. Serta hindari penggunaan barang pribadi yang bergantian dengan penderita TBC aktif.
  • Pemberian Vaksin BCG (diberikan pada saat balita)
  • Menjaga pola hidup yang baik dengan asupan makanan yang bergizi dan olah raga teratur.
  • Selalu konsumsi vitamin
 
 
Previous
Next Post »