Penyebab Penyakit Darah Tinggi ~ Cozytv

Penyebab Penyakit Darah Tinggi

Penyebab Penyakit Darah Tinggi


Penyebab Penyakit Darah Tinggi

Penyakit Darah tinggi ( Hipertensi ) adalah tingginya tekanan darah persisten dimana dari tekanan sistolik bagian atas mencapai kurang lebih 140 mmHg dan juga tekanan diastolik yang mencapai 90 mmHg. Anda bisa mendapat tekanan darah tinggi apabila mengalami tekanan darah yang selalu tidak terkontrol. Hal ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius seperti terkena Serangan Jantung dan Stroke. Mari kita kenali lebih lanjut mengenai Penyebab Penyakit Darah Tinggi sebagai berikut ini :
  1. Akibat Melakukan Diet ( Menurunkan Berat Badan )
  2. Asupan garam berlebihan
  3. Mengalami stress
  4. Kelebihan berat badan
  5. Akibat rokok
  6. Fakto genetik
  7. Sistem saraf simpatis
Resiko dalam penyakit darah tinggi ini bisa mengalami peningkatan tekanan darah hingga 130 - 139 mmhg. Untuk mereka yang berusia lebih dari 50 - 60 tahun memiliki tekanan darah sampai 140 mmhg beresiko mengidap penyakit kardiosvaskular.

Gejala Penyakit Darah Tinggi ( Hipertensi )

Gejala ini biasanya tidak terlalu menonjol walaupun tekanan darahnya tinggi yang membahayakan kesehatan. Namun ada beberapa orang yang mengalami hipertensi tahap awal mereka akan merasa pusing dan mimisan. Secara umum penderita hipertensi terlihat baik - baik saja tapi, ada pula yang mengalami gejala seperti :
  • Pusing
  • Merasa lelah
  • Pendarahan pada hidup ( Mimisan )
  • Sakit dibagian kepala

Ada 2 Macam Penyakit Hipertensi 

  1. Hipertensi Primer adalah tekanan darah yang cenderung secara bertahap selama bertahun - tahun. Kebanyakan orang dewasa dapat terindetifikasi penyebab darah tingginya. Karena tipe tekanan darah ini disebut Hipertensi Essential / Primer
  2. Hipertensi Sekunder adalah orang yang mengalami kondisi yang penyebab utamanya underlying condition. Tekanan darah ini cenderung menyebabkan tekanan darah naik lebih tinggi dari hipertensi primer.
Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi
Dalam kondisi yang parah terkadang si penderita akan mengalami perubahan pada bagian organ tubuh mereka. Hal ini yang bisa mengakibatkan pembekakan pada otak yang akan mengakibatkan Stroke.

  Berikut ini ada beberapa cara pencegahan hipertensi :
  1. Untuk yang memiliki berat badan yang berlebih hendaknya melakukan diet
  2. Mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat
  3. Jangan konsumsi garam berlebihan
  4. Hindari minuman beralkhol dan rokok
  5. Lakukan olahraga secara teratur
Faktor yang paling sering terjadi penyebab hipertensi yaitu pola makan dan pola hidup yang tidak terkontrol. Untuk mengatur pola makan yang sehat anda harus mengkosumsi makanan yang mengandung gizi yang seimbang seperti :
  • Makanan yang mengandunug karbonhidrat yaitu biji - bijian
  • Makanan yang memiliki sumber protein hewani misanya seperti ikan, unggas, putih telur dan susu
  • Sumber protein nabati yang terdapat dari kacang - kacangan
  • Vitamin dan mineral yang terdapat pada sayut dan buah segar
Tekanan darah tinggi pada umumnya terjadi pada orang dewasa, anak - anak mereka juga memiliki resiko gejala secara bertahap. Tetapi khusus untuk anak - anak  tekanan darah tingginya disebabkan oleh jantung dan hati dan mereka juga mempunyai pola hidup yang lumayan buruk.    
Previous
Next Post »