Sistem Organ Tubuh Manusia Dan Fungsinya ~ Cozytv

Sistem Organ Tubuh Manusia Dan Fungsinya


Apa yang dimaksud dengan organ? Organ adalah sekelompok jaringan dalam organisme hidup yang memiliki bentuk dan fungsi spesifik.
Sistem Organ
Organ dikelompokkan ke dalam sistem organ. Sistem organ melakukan tugas tertentu. Pada tubuh Manusia ada sepuluh sistem organ utama:
1.     Sistem saraf – Sistem saraf bertanggung jawab untuk membawa pesan dari otak ke berbagai bagian tubuh. Ini termasuk otak, saraf tulang belakang, dan saraf.
2.     Sistem pernapasan – Sistem pernapasan bertanggung jawab untuk bernafas. Ini mentransfer oksigen ke dalam aliran darah dan menghilangkan karbon dioksida. Ini termasuk paru-paru, laring, dan saluran udara.
3.     Sistem kardiovaskular atau peredaran darah – Sistem kardiovaskular membawa darah ke seluruh tubuh untuk membantu membawa nutrisi ke berbagai organ lain. Ini termasuk pembuluh jantung, darah, dan darah.
4.     Sistem pencernaan – Sistem pencernaan memproses makanan menjadi zat yang berbagai bagian tubuh dapat digunakan untuk energi dan nutrisi. Ini termasuk organ seperti perut, kandung empedu, usus, hati, dan pankreas.
5.     Sistem endokrin – Sistem endokrin menggunakan hormon untuk mengatur banyak fungsi seluruh tubuh seperti pertumbuhan, suasana hati, metabolisme, dan reproduksi. Organ utama dalam sistem endokrin meliputi kelenjar seperti hipofisis, tiroid, dan kelenjar adrenal.
6.     Sistem ekskresi – Sistem ekskresi membantu tubuh Anda untuk menyingkirkan makanan dan racun yang tidak perlu. Ini termasuk organ seperti ginjal dan kandung kemih.
7.     Sistem integumen – Sistem yg menutupi melindungi tubuh dari dunia luar. Ini mencakup kulit, rambut, dan kuku.
8.     Sistem otot – Sistem otot terdiri dari semua otot di tubuh kita. Hal ini dikontrol oleh sistem saraf.
9.     Sistem reproduksi – Sistem reproduksi mencakup semua organ yang diperlukan untuk reproduksi. Tidak seperti sistem organ, sistem reproduksi berbeda pada laki-laki dibandingkan perempuan.
10.   Skeletal – Sistem rangka memberikan dukungan dan perlindungan bagi sisa sistem organ. Hal ini terdiri dari tulang, ligamen, tendon, dan tulang rawan.


Oldest