AWAS, RADIASI PONSEL DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN ~ Cozytv

AWAS, RADIASI PONSEL DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN



PONSEL DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN

Di zaman modern seperti ini hampir seluruh kalangan masyarakat menggunakan ponsel untuk mempermudah komunikasi dan lain sebagainya. Pengguna ponsel pun terus meningkat, disamping manfaat yang diberikan ponsel terdapat pula radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Pada ponsel terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF(radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.

     Pada saat seseorang menelpon ponsel akan diletakan di dekat kepala, pada posisi tersebut peluang besar untuk radiasi ponsel diserap oleh tubuh. Radiasi yang masuk dalam tubuh menimbulkan beberapa efek bagi kesehatan diantaranya,

1.Dapat menyebabkan kanker otak
Radiasi yang dihasilkan oleh ponsel dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali, sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti telinga dan kulit.

2.Dapat menyebabkan sakit kepala
Sebagian besar masyarakat hampir setiap saat selalu menggunakan ponsel mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Penggunaan ponsel dapat menimbulkan radiasi, bagi beberapa yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat dari ponsel menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan sampai muntah.

3.Dapat mengganggu kehamilan
Dalam studi yang di kutip dari dailymail.co.uk paparan radiasi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin.

4.Dapat menghambat metabolisme tubuh
Di saat seseorang tidur , di saat itulah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan produktif. Jika seseorang terpapar radiasi ponsel atau jika tidur seseorang tidak nyenyak maka proses metabolisme akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan atau pengeluaran racun di dalam tubuh pun akan terganggu.

Cara mengurangi efek dari radiasi ponsel :

1.Jangan simpan ponsel dibawah bantal
Hampir sebagian masyarakat pada saat tidur meletakan ponsel di samping mereka maupun di bawah bantal dalam posisi tetap menyala  masih memancarkan radiasi agar selalu terhubung dengan jaringannya. Meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur akan mendekatkannya dengan kepala sehingga otak akan terpapar radiasi sepanjang malam.

2.Kurangi dan jauhkan dari jangkauan anak – anak

3.Usahakan menjauhkan ponsel setidaknya 1 inci/ 2,5 cm dari tubuh Anda.
jika menggunakan ponsel jangan terlalu sering meletakan ponseldekat ginjal, jantung dan kantung celana. Jika ponsel melekat seharian di tubuh Anda, letakkan dengan layar menghadap ke dalam. Jika tidak digunakan sebaiknya letakan  di dalam tas atau dompet.

4.Bila memungkinkan, gunakan ponsel dalam kondisi sinyal terkuat 
Karena Semakin lemah sinyal, semakin banyak frekuensi radio yang digunakan agar dapat terhubung.

5.Kirim SMS saja ketimbang menelepon bila memungkinkan.
Radiasi dari pengiriman maupun penerimaan SMS lebih rendah ketimbang berbicara. Mengirim SMS juga menjauhkan radiasi dari kepala tidak seperti halnya menelpon. Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan singkat lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara..

6.Jauhkan dari perut ibu hamil dan bayi 
7.Jangan simpan ponsel didalam saku baju atau celana

      Meskipun demikian, kita perlu terlalu cemas secara berlebihan. Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel, daya rusaknya tidak sebesar radiasi yang ditimbulkan oleh radioaktif. Tapi, kita perlu mempertimbangkan juga bahwa sekecil apapun efek yang kita terima, jika mengenai kita  secara terus menerus, akan menyebabkan gangguan yang fatal suatu saat nanti. Thank You






Previous
Next Post »