MANFAAT DAN EFEK SAMPING DARI BUAH BLIGO? UNTUK KESEHATAN ~ Cozytv

MANFAAT DAN EFEK SAMPING DARI BUAH BLIGO? UNTUK KESEHATAN



AYO KENALI , APA SAJA MANFAAT DAN EFEK SAMPING DARI BUAHBLIGO?

      Buah dengan nama latin Benincasa hispida  atau buah bligo (kundur) adalah tanaman yang tumbuh merambat dan buahnya berbentuk lonjong dan bulat, berwarna hijau agak tua dan kulit buahnya mempunyai tekstur agak keras. Buah ini mengandung zat yang sangat baik bagi tubuh kita diantaranya kandungan  protein, karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, asam nikotinat, cucurbitin, alkalin, asam resin, vitelin dan kaya akan serat. Dari kandungan zat yang terkandung dalam buah bligo sudah sangat jelas terlihat manfaatnya. Namun selain kaya akan manfaat buah ini juga dapat menyebabkan efek samping.

MANFAAT DARI BUAH BLIGO:

1.Menurunkan resiko kanker
Adanya kandungan vitamin C dalam buah bligo dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan resiko perkembangan kanker. Karena vitamin C berperan sebagai antioksidan alami dalam tubuh.

2.Menyehatkan ginjal
Berdasarkan penelitian terbukti bahwa ekstrak buah bligo dapat melancarkan buang air kecil. Dan dalam hal ini dapat mengurangi kerusakan ginjal.

3.Dapat menurunkan kolesterol
Kandungan serat yang terkandung dalam buah bligo bermanfaat untuk membantu penyerapan karbondioksida dan lemak di dalam tubuh. Dan juga membantu membuang sisa – sisa zat makanan yang telah diserap.

4.Meredakan flu dan batuk
Terlebih pada musim penghujan flu dan batuk dapat dengan mudah menyerang tubuh kita. Penyakit ini menyebabkan saluran pernapasan tidak nyaman karena hidung tersumbat, sakit kepala dan juga demam. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah bligo dapat membantu tubuh memperoleh sistem kekebalan tubuh yang kuat. Buah bligo juga dapat mencegah flu agar tidak terlalu parah dan membantu menjaga tubuh agar tetap hangat.

5.Banyak mengandung vitamin B
Vitamin B dalam tubuh sangat di perlukan untuk membantu sistem metabolisme. Buah bligo kaya akan vitamin B seperti B1, B2, B3 dan lainya.

6.Menyembuhkan penyakit radang usus dan lambung
Dalam buah bligo terdapat sifat anti ulcerogenik yang dapat menyembuhkan perdangan pada usus akibat panas dalam dan juga dapat mengurangi radang lambung akibat stres.

EFEK SAMPING BUAH BLIGO:

1.Kandungan kalsium oksalat pada buah bligo muda dapat meniimbulkan iritasi pada mulut. Untuk mencegah terjadinya iritasi pada mulut, buah bligo harus dibersihkaan dari getah sebelum proses diolah dengan air garam yang dicampur kapur sirih. 

2.Kandungan kalsium oksalat dalam buah kundur dapat membentuk batu ginjal, jadi bagi seseorang yang mempunyai riwayat gangguan ginjal lebih baik menghindari buah bligo untuk dikonsumsi.

3.Efek dingin yang terdapat  dalam buah bligo sangat tidak baik bagi penderita rheumatik. Sehingga dapat menambah rasa nyeri pada tubuh si penderita.

4.Mengonsumsi buah bligo secara berlebihan dapat mual, muntah dan gangguan pencernaan.

5.Beberapa buah bligo mengandung senyawa beracun yang disebut dengan terpenoid. Kondisi ini dapat ditunjukkan dengan rasa yang pahit dan tidak menyenangkan. Efek dari senyawa ini dapat menyebabkan penyakit komplikasi dan kematian. Untuk mencegah efek samping maka pastikan Anda mencoba, apakah buah bligo yang akan Anda konsumsi tawar atau pahit. Jika pahit sebaiknya tidak dimakan karena beracun.

1
Previous
Next Post »