Cara Siklus Hidup Plasmodium ~ Cozytv

Cara Siklus Hidup Plasmodium

Cara Siklus Hidup Plasmodium

Infeksi yang berasal dari spesies Plasmodium menyebabkan demam dan mengigil, dan sering mengalami sakit kepala, nyeri otot, lemah, muntah serta diare. Gejala lain yang terjadi termasuk pembesaran limpa, amnesia, disfungsi paru - paru dan masalah neurologis. Infeksi Plasmodium falciparum yang sering parah dan melibatkan infeksi fatal dibagian otak, gagal ginjal, dan anemia berat yang dapat menyebabkan kematian.

Apabila sebuah panggung aktif dari P. ovale dan P. vivax mungkin tetap dihati bisa selama beberapa minggu atau sampai bertahun - tahun setelah terkena infeksi awal. Ini merupakan parasit yang dapat memasuki aliran darah serta menyebabkan infeksi itu terjadi.

Siklus Hidup Plasmodium

  • Infeksi akan terjadi ketika ada gigitan nyamuk Anopheles betina yang menyuntikan sporozoit pada saat menggigit atau mengambil darah pada seseorang.
  • Spozoit yang pindah ke hati, masuk kedalam sel - sel hati dan bereplikasi secara aseksual melalui skizogoni. Hal ini merupakan tahap Eksoeritrositik
  • Morozoit dari hati menginfeksi sel - sel darah nmerah dan mereplikasi secara asksual lewat skizogoni. hal ini dalah tahap eritrositik
  • Apabila Morozit pecah dari sel darah merah dan menginfeksi sel darah merah baru dalam siklus periode terjadi sekitar 48 - 72 jam tergantung pada spesiesnya.
  • Beberaoa parasit akan berdiferensiasi menjadi tahap seksual yang disebut gametosit.
Previous
Next Post »