Pengertian & Sejarah Komputer ~ Cozytv

Pengertian & Sejarah Komputer

Pengertian Komputer

   Siapa yang tidak kenal dengan komputer ? Suatu perangkat canggih yang dapat digunakan untuk
berbagai keperluan, seperti mengetik, mendengarkan musik, nonton film, berinternet, mendesain, mengedit foto dan video, main game, dan sebagainya.


    Bagi sebagian orang, komputer sudah menjadi kebutuhan pokok dan tidak terpisahkan dari pekerjaan. Berbagai bidang pekerjaan membutuhkan komputer, seperti perkantoran, desain grafis, animasi film, analisis data, dan sebagainya. Lalu,apakah definisi komputer itu sendiri?
      Banyak ahli yang mendfiniskan secara berbeda tentang komputer. Namun pada intinya, komputer adalah rangkaian elektronik yang berfungsi menerima suatu input, memproses input, menyimpan hasil pemerosesan, dan menghasilkan output atau informasi.

     Secara umum, cara kerja komputer sebagai berikut :

                    Input Data ====> Proses Data ====> Output Data ====> Menyimpan Data

Untuk dapat mengolah data dan menghasilkan suatu informasi, diperlukan sistem komputer yang elemenya terdiri dari perangkat keras ( Hardware ), Perangkat lunak (Software), dan pengguna (Brainware). Ketiga elemen ini harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.
  1. Hardware adalah bagian komputer yang berwujud fisik, dapat dilihat dan dipegang. Contohnya mouse, keyboard, CPU (Central Prosessing unit), motherboard, monitor, dan lain-lain.
  2. Software adalah bagian komputer yang tidak ada wujud fisiknya dan dapat di pegang. Kita hanya bisa memegang alat penyimpanya, misal CD/DVD, harddisk,flashdisk, dan sebagainya. Contoh  software adalah sistem operasi Windows, Microsoft Office, CorelDRAW, Winamp, dan lain-lain.
  3. Brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer.
Previous
Next Post »