EFEK DARI PEMAKAIAN HEADSET DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN ~ Cozytv

EFEK DARI PEMAKAIAN HEADSET DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN

EFEK DARI PEMAKAIAN HEADSET DAPAT MENGGANGGU KESEHATAN

  Di zaman yang semakin berkembang ini, banyak teknologi baru yang terus diciptakan diantaranya adalah headset. Mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan kapan saja dan dimana saja tanpa orang lain merasa terganggu. Namun, kebiasaan mendengarkan musik dengan headset dan dengan volume yang tinggi dapat menyebabkan kerusakaan pada telinga.


EFEK PEMAKAIAN HEADSET JIKA TERLALU SERING DAN DENGAN SUARA TINGGI:

1.Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Telinga
Kebiasaan penggunaan headset dan ditambah lagi dengan volume yang tinggi, dapat menyebabkan telinga kita berdengung dan terasa tidak nyaman.

2.Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Otak
Jika kita menggunakan headset, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari headset bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Pada suatu riset yang dilakukan terhadap seekor tikus menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik pada headset bisa berpengaruh pada listrik otak tikus. Meskipun belum jelas seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik tersebut. Namun ada baiknya kita tetap berhati – hati.

3.Dapat Menyebabkan Seseorang Kehilangan Pendengaran Di Usia Muda
Berdasarkan reset yang dilakukan pengaruh dari penggunaan headset tidak langsung terasa, kerusakaan akan muncul secara perlahaan. Mendengarkan musik dengan volume yang tinggi bisa mengurangi kepekaan telinga hingga menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

4.Dapat Menyebabkan Infeksi Pada Telinga
Apakah anda pernah bertukar atau bergantian headset dengan orang lain?? Penggunaan headset secara bergantian dapat menyebabkan kuman dan bakteri dengan mudahnya menginfeksi telinga kita. Karena bakteri dari telinga orang lain akan berpindah ke telinga anda melalui headset.  Untuk itu, lebih baik kita menghentikan kebiasaan penggunaan headset secara bergantian.

5.Gangguan Ambang Pendengaran
Penggunaan headset dengan waktu yang lama dan volume yang tinggi dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia. Dan secara perlahan akan mempunyai efek yang mengarah pada gangguan pendengaran.

6.Dapat Menyebabkan Memperbesarnya Resiko Terjadinya Kecelakaan
Selain dapat mengganggu kesehatan, penggunaan headset dalam waktu yang lama dan dengan volume yang tinggi juga dapat memperbesar tingkat resiko kecelakaan. Karena kita menjadi kurang waspada dan lebih cenderung untuk mengabaikan dunia luar. Dari hasil survey yang dilakukan, salah satu penyebab kecelakaan adalah karena sesorang tidak waspada terhadap lingkungan sekitar. Hal itu terjadi karena terlalu asik saat menggunakan headset ditambah lagi dengan volume yang tinggi sehingga kehilangan kewaspadaan terutama saat dijalan raya. Dan hal ini dapat menyebabkan kecelakaan.

       Nah, di atas tadi adalah beberapa efek dari kebiasaan penggunaan headset dalam waktu lama dan volume yang tinggi. Jika anda ingin tetap menggunakan headset lebih baik anda membatasi penggunaanya dan dengan tingkat volume yang wajar. Beri waktu untuk telinga anda beristirahat, karena jika telinga merasa kelelahan secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pendengaran dan dapat berakibat fatal. Terima Kasih

Previous
Next Post »