Metro, Jakarta - Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta, Bekasi dan Depok, Selasa, 21 Februari 2017. Akibatnya, dua akses Tol menuju Jakarta ditutup dan lalu lintas dialihkan.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, rekayasa jalur tol dilakukan untuk mengantisipasi genangan yang terjadi di Ramp 8 Simpang Susun Cikunir arah Pondok Indah dan genangan di Cawang. Para pengendara yang akan menuju Bintara bisa tetap melanjutkan perjalanan setelah melakukan transaksi di Gerbang Tol Cikunir 4.

Adapun  pengguna jalan yang menuju Pondok Indah, karena Ramp 8 ditutup, diarahkan untuk keluar di Kalimalang dan masuk kembali di Jalan Tol JORR melalui Gerbang Tol Kalimalang 2, dengan menunjukan struk pembayaran di Gerbang Tol Cikunir 4. "Pengendara tak akan dikenakan pembayaran lagi," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa, 21 Februari 2017.

Baca:
Banjir Bikin Macet Jakarta, Hindari Jalan Ini
Pantau Banjir di Cipinang Muara, Penduduk Minta Djarot Turun

 

Di sisi lain, pengendara menuju Gerbang Tol Jatibening ke arah Cawang, lanjut Dwiyono, akan dialihkan melalui jalan arteri untuk masuk Gerbang Tol Jatiwaringin. "Karena ada genangan mencapai 50 sentimeter," katanya.

Dwiyono menambahkan, untuk mengatasi genangan tersebut,  Jasa Marga telah mengoperasikan pompa penyedot air. Sejumlah petugas layanan jalan tol juga ditempatkan di titik-titik yang terdapat genangan air.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan akun twitter TMC Polda Metro, sejumlah akun mengabarkan bahawa sejumlah pengendara motor nekat melintas di jalan tol Wiyoto Wiyono arah Ancol, Jakarta Utara. "Motor masuk tol wiyoto wiyono,hati2 bila melintas @TMCPoldaMetro." cuit akun @fitraperdana.

Begitu pula dengan akun ‏@vivijanuari. Ia menuliskan, "Motor masuk tol cawang sebelah dalam kota, macet sudah sejam merayap."

INGE KLARA SAFITRI