Nasional, Jakarta - Pemerintah akan segera mendistribusikan beras untuk keluarga sejahtera (rastra). Bantuan diberikan nontunai dan didistribusikan secara reguler. "Bansos nontunai Insya Allah diberikan pada bulan ini. Ada 1,4 juta penerima manfaat pemberian distribusi bansos nontunai," kata Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Selasa, 21 Februari 2017, seusai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres, Jakarta.

Selain nontunai, bantuan juga akan diberikan pada 14,3 juta penerima beras reguler yang akan didistribusikan pada bulan ini. Puan mengakui bantuan sosial ini agak terlambat. "Namun pemerintah berkomitmen bahwa pada bulan ini beras akan diberikan dua kali yang memang seharusnya sudah diberikan pada Januari," kata Puan.

Baca: Khofifah Luncurkan Bantuan Pangan Non-Tunai

Puan berharap tidak ada kendala saat penyaluran bantuan nontunai dan beras. Bantuan disebutnya harus tepat sasaran dan sesuai basis data terpadu. Ini juga akan memudahkan sinkronisasi dan koordinasi yang jelas antar semua kementerian dan lembaga. Kementerian juga sedang membuat sistem pengawasan dan evaluasi agar bisa menyalurkan bansos nontunai dan reguler tepat sasaran.

"Koordinasi dengan kepala daerah itu juga penting." Data dari kepala daerah mengenai jumlah penerima bantuan serta kesiapannya akan membantu Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan.

Baca juga:
Anies Bilang Program Banjir DKI Gagal, Ini Jawaban Ahok
Pengurus Masjid Istiqlal Menyatakan Tak Terkait Aksi 212 Jilid II

Bersama Wakil Presiden, Kementerian juga mengkaji bantuan energi. Jika diberikan, pemerintah berharap distribusinya akan tepat sasaran berdasarkan basis data terpadu. "Yang paling penting adalah basis data terpadu itu sinkron antara kementerian/lembaga, siapa penerimanya."

AMIRULLAH SUHADA