4 Macam Penyebab Tulang Keropos ~ Cozytv

4 Macam Penyebab Tulang Keropos




Mungkin anda tahu pasti bahwa kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Akan tetapi yang mungkin anda belum tahu adalah makanan atau minuman yang dikomsumsi, ternyata bisa mengurangi kepadan tulang dan bisa menyebabkan resiko osteoporosis. Nah..dalam artikel kali ini saya akan membahas makanan yang membuat tulang keropos diantaranya adalah :

1. Terlalu Banyak Konsumsi Protein Hewani

Protein sangat diperlukan untuk membentuk tulang yang padat dan kuat. Namun apabila anda mengkonsumsi protein terlalu berlebihan hal ini bisa membuat tubuh akan memproduksi zat senyawa yang bernama sulfat. Ini menyebabkan kalsium keluar dari tulang akan menimbulkan efek lebih banyak terjadi pada konsumsi protein hewani dibandingkan dengan nabati. Dalam studi yang dilakukan oleh Nurse Health Study II, yang dipimpin Harvard Medical School, ditemukan bahwa, mereka mengkonsumsi daging merah sedikitnya lima kali dalam satu minggu, lebih beresiko yang mengalami patah tulang dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi daging merah satu minggu sekali. Peneletian ini sudah dilakukan terhadap wanita sekitar 116.686 orang selama 10 tahun.

2. Peran Kafein

Dari peneletian terbaru yang dilakukan oleh Swedish Department of Toxicology's National Food Administration, menemukan bahwa wanita minum 330 miligram kafein atau lebih perharinya itu setara dengan 4 cangkir kopi. Hal ini beresiko peningkatan patah tulang. Hal tersebut sudah dilakukan peneletian terhadap 31.527 orang wanita yang berusia 40 - 76 tahun yang memiliki rendah kalsuim akibat efek dari Kafein.

3. Hati - hati Fosfor

Dari Framingham Osteoporosis Study mengukur kepadatan mineral tulang pada punggung dan pinggul tulang wanita sekitar 1.413 orang dan 1.125 pria menyimpulakan bahwa minuman bersoda dan diet soda dapat menyebabkan keropos pada tulang. Pnelitian ini membuktikan bahwa ynag dapat membuat tulang keropos bukan hanya kafein saja tapi juga fosfor yang ada dalam minuman Soda.

4. Awasi Retinol Vitamin

Dari beberapa peneletian Nurse Health Study II, menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 3000 mcg atau berlebihan vitamin a dua kali lipat akan lebih mudah mengalami patah tulang pinggul. Hal ini dikarenakan terlalu banyak retinol Vitamin A yang akan mengganggu penyerapan vitamin D yang pada giliranya menyebabkan tulang keropos.
Previous
Next Post »