5 Manfaat Buah Elderberry untuk Kesehatan ~ Cozytv

5 Manfaat Buah Elderberry untuk Kesehatan

Manfaat Buah Elderberry untuk Kesehatan
Buah Elderberry adalah salah satu buah yang mempunyai beberapa manfaat kesehatan bagi manusia. Namun masih belum banyak di ketahui oleh masyarakat tentang manfaat buah ini. Elderberry merupakan salah satu jenis tanaman yang masih mempunyai hubungan dengan berry yang banyak di jumpai di Eropa dan Asia barat. Buah ini memiliki ukuran pohonya yang besar dan tumbuh secara liar ditanah yang tak terawat serta bisanya bisa ditemukan dipinggiran jalan. Buah Elderberry biasa digunakan sebagai campuran minuman seperti sirup, jus, soda, jeli, dan kismis.






Elderberry bisa anda temui paling banyak di Amerika Serikat, Tanaman ini mempunyai bunga yang akan tumbuh di bulan Mei dan Juli saja. Daun Elderberry seperti semak - semak serta tinggi pohonya hingga mencapai 9 meter. Daun elderberry berbentuk grigi dengan bunga yang berwarna yang menghiasi tanaman tersebut nampak indah.

Kandungan Buah Elderberry

Buah yang berwarna ungu ini yang mempunyai bentuk kecil dan bulat. Banyak digunakan untuk terapi penyembuhan kanker dan diabetes. Walaupun begitu, anda tidak boleh ceroboh dalam mengolah buah elderberry karena ditakutkan bagian dari buah elderberry yang beracun ikut keolah oleh anda. Kandungan racun yang dimiliki oleh buah Elderberry ini ditemukan pada bagian batangnya. Efek dari racun tersebut bisa menimbulkan kematian. Kita tinggalkan dulu masalah racun mari kita beralih ke khasiat yang dimiliki buah elderberry ini adalah :

  • Flavonoid
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Tannin
  • Kalsium
  • Gula
  • Fosfor
  • Kalsium 
  • Rutin
  • Potasium
  • Asam amino
  • Karotenoid
  • Antioksidan dan sbb
Buah Elderberry telah lama digunakan sejak zaman dahulu sebagai jamu tradisional dibanyak benua Eropa dan sekitarnya. Selain berkhasiat untuk kesehatan buah ini juga bisa digunakan sebagai kuliner, produk kencatikan, dan beragam lainya. Ada beberapa manfaat buah Elderberry untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :

1. Menyembuhkan Flu
Buah ini sangat manjur untuk menyembuhkan penyakit flu karena, Kandungan sambucus agglutinins nigra yang mampu melindungi sel sehat dalam tubuh dari infeksi flu. Pengobatan ini sudah dilakukan sejak tahun 1995 yang diolah menjadi jus dan siap untuk dikonsumsi agar tubuh tetap fit dan terhindar dari virus flu.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Buah elderberry yang mengandung banyak antioksidan ini mampu mencegah timbulnya kanker yang tumbuh pada tubuh. Selain itu jus buah elderberry juga mengandung flavonoid yang berfungsi mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

3. Membantu Menyembuhkan Diabetes
Anti virus yang terkandung pada buah elderberry ini dalah anti histamin dan antioksidan yang bagus dalam menjaga kesehatan tubuh dari diabetes,

4. Menjaga Kesehatan Mata
Buah ini mengandung Vitamin A yang tinggi jadi bagus jika dikonsumsi agar mata kita tetap sehat dalam penglihatan.

5. Kaya Antioksidan
Antioksidan sendiri dikenal sebagai unsur senyawa yang bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat muncul dalam aktivitas kita sehari - hari yang tidak sehat. Untuk menghindari kesehatan kita dari radikal bebas cukup konsumsi buah elderberry agar tubuh kita tetap sehat.

Penting !!!

"Walaupun banyak sekali manfaatnya pada buah Elderberry ini, dilarang untuk mengkonsumsi buah ini secara berlebihan karena, akan berdampak buruk pada pencernaan seperti menimbulkan penyakit diare".
Previous
Next Post »