Manfaat Glukosa Bagi Tubuh Manusia ~ Cozytv

Manfaat Glukosa Bagi Tubuh Manusia

Glukosa

Pengerian glukosa

Glukosa adalah salah satu jenis monosakarida yang sederhana ada didalam tubuh manusia. Kata lain glukosa berasal dari bahasa yunani yaitu glukus  yang artinya manis. Bahwasanya ini tidaklah mengagetkan karena adanya glukosa yang memiliki rasa manis, Glukosa juga memiliki nama lain seperti dekstrosa, D-glukosa dab gula ini memang banyak ditemukan di tumbuhan dan buah - buahan. Peran penting yang dimiliki oleh glukosa sangat penting bagi tubuh manusia sebagai sumber intermediet metabolisme tubuh. Glukosa sendiri terjadi apabila proses fotosintesis dan menjadi salah satu bahan bakar respirasi seluler. Glukosa merupakan zat yang ada didalam tubuh manusia.

Secara spesifik Glukosa adalah zat yang berada didalam darah yang berasal dari luar tubuh yang mengandung karbohidrat didalam makanan dan minuman. Zat glukosa ini kemudian disimpan dalam tubuh bentuk glikogen yang ada di dalam hati dan otot rangka tubuh.

Manfaat Glukosa Dalam Tubuh

Manfaat Glukosa sangatlah banyak terutama penggunaan glukosa dalam tubuh ini bisa menimbulkan berbagai manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh tubuh antara lain sebagai berikut :

 Sumber Energi
Zat Glukosa yang ada dalam darah merupakan sumber energi terbesar yang ada di dalam tubuh. Zat glukosa pada tubuh antara lain sebagai bahan bakar utama respirsi aerobic, respirasi anaerobic serta proses fermentasi.

 Analit dalam tes darah
Ternyata Glukosa juga merupakan analit yang terdapat dalam tes darah. Kadar glukosa pada manusia normal biasanya berkisar pada 70 hingga tiap 100 ml darah. Kadar glukosa juga dapat bertambah banyak jika mengkonsumsi banyak karbohidrat dan makanan serta minumam manis yang mengandung banyak gula. Sesudah makan tunggu hingga 2 jam biasanya kadar gula akan kembali normal kecuali pada penderita penyakit gula atau diabetes.
Previous
Next Post »